Rabu, 08 April 2015

Cheesecake Meleleh / Chizkek Lumer



Beberapa kali melihat penampakan cheese cake ini di FB grup memasak "langsung enak" yang diposting salah satu member LE, mbak Ely Suryono, dan beberapa teman lainnya (mohon maaf saya tidak ingat siapa saja). Juga pernah ada sahabat g+ yang memposting cheesecake meleleh ini, membuat saya penasaran ingin mencoba membuatnya.

Saya dan suami adalah tukang makan cheese lovers, jadi kalo ada yang berbau-bau cheese, beneran bikin nelen ludah. Siapa yang kuat coba melihat penampakan cake ini. Lihat saja bagaimana taburan cheddar cheese yang loyal di permukaan cake ini, dan lelehan creamnya itu lhoooo... seolah-olah memanggil.. "Ayooo nikmati akuuu" ha..ha..ha..

Sebelum mengeksekusi cake ini, saya browsing dulu tentang cheesecake meleleh ini. Dan saya dapati bahwa resep cake ini pertama kali di posting oleh foodie asal negeri jiran, Malaysia. Dari cerita yang saya baca, awalnya ada yang posting di FB lalu banyak yang bertanya resep daaann.. cheesecake meleleh ini menjadi sangat populer, itu terjadi tahun 2013-2014. Dan nampaknya cake ini juga mulai populer di negeri tercinta,Indonesia raya. he..he..he

Untuk cheesecake meleleh yang saya buat ini, base cake saya memakai simpel vanila cake, resep sif oi, dan untuk cream saya menggunakan resep yang sudah banyak dipakai. 


Simple Vanila Cake
By Sif Oi

Bahan:
  • 4 butir telur
  • 130gr gula pasir
  • 1 sdt emulsifier (saya pakai SP)
  • 140 gr tepung terigu
  • 1 sdt vanilla essence
  • 150 ml minyak sayur / mentega leleh (saya pakai canola oil)
Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang 20 x 20, olesi margarin, alasi kertas roti / taburi tepung
  2. Dalam sat wadah, campur semua bahan, kecuali minyak / metega. kocok hingga kental dan berjejak (adonan berwarna putih)
  3. masukkan minyak / mentaga leleh, aduk balik hingga rata
  4. Tuang adonan ke dalam loyang, oven sampai matang ( saya menggunakan temperatur 150)
  5. Setelah matang, keluarkan dari oven.

Cream

Bahan:
  • 250 gr cream cheese
  • 120 gr susu kental manis
  • 50 ml whipped cream cair
Cara membuat:
Campur semua bahan dan kocok. Adonan ini memang cair teman-teman. tapi nanti setelah ditata dengan base cake dan didinginkan dikulkas makan adonan menjadi set, nggak secair sebelumnya.

# Cheddar cheese parut untuk topping.

adonan cream dan cheddar cheese



Penyelesaian:

Belah vanila cake menjadi 2 bagian. Tempatkan 1 bagian cake pada wadah, (sebaiknya wadah dengan penutup dan pastikan bahwa wadahnya cukup yaa)

Lalu tuangkan 1/2 bagian cream (saya tambahkan taburan cheddar cheese), tutup dengan 1 bagian cake, dan tuang sisa cream. 

Taburi dengan cheddar cheese. Bisa langsung dinikmati atau lebih enak lagi kalau disimpan dulu di kulkas selama kurang lebih 2 jam.

#Lihat resep cheesecake yang lain, Blueberry cheesecake
#Suka BAKSO?? Lihat juga, Bakso sapi (resep dan step by step dengan foto
Cake dibelah jadi 2 bagian


tuang 1/2 bagian cream


cheesecake meleleh telah siap





11 komentar:

  1. Masakannya enak2 mb... Pengen nyoba cheese cake lumernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lagi seneng nyoba2 resep mbak.. he..he..he.. ayo dicoba biki CC melelehnya, gak bakal nyesel deh.. enak bgt..

      Hapus
  2. Mbak.. mau nanya.. ini beneran whip cream cair nya 50ml? Kok sy bikin sesuai resep diatas masi kental bgt ya? Kalo bole tau cream cheese dan whipped creamnya pake merk apa ya? Mohon bantuannya.. makacie ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bener.. ini dari resep aslinya.. dan saya juga ngikutin resep, malah pernah nyoba whipped cream 100ml encerrr bgt jadinya.. kalo memang msh kental tambahin lg aja whipped creamnya mbak..
      saya pake merk puck untuk whipped cream n cream cheesenya.. semoga membantu :)

      Hapus
    2. Susu kental manis gak si tambah air mba? Untuk wippy cream bisa yg serbuk meek haan?

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  5. website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

    BalasHapus
  6. Nice share nih juragan.. keep posting, semoga postingannya selalu memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. amiiinnn.. ^_^

    BalasHapus
  7. Mhon ijin share yaa mbak..Thanks,brmanfaat

    BalasHapus